Chord Gitar

Menu

Judika, Sura Khas yang Powerful

[edit lirik]
Suaranya yang ngerock dan memiliki jenis vokal yang tinggi menjadi ciri penyanyi yang akan kita bahas kali ini. Yup...Judika. Sobat Gitar Gaul pasti tahu donk dengan penyanyi yang satu ini. Lagu-lagunya yang mendayu-dayu namun tetap ngerock sering nongol menghiasi layar kaca.

Judika mengawali karir melalui ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim kedua. Pada ajang tersebut Pria yang mempunyai nama lengkap Judika Nalon Abadi Sihotang tersebut keluar sebagai runner up.

Keunikan yang dimiliki Judi adalah Ia memiliki chest/upper register yang powerful, range yang luas, dynamic yang bagus, dan breath control/vocal stamina yang terbaik antara penyanyi pria Indonesia yang lain.

Range vokalnya bermula dari B rendah (B2) bawah middle C sehingga B (B5) atas high C. Judika boleh menjangkaui high C (C5) yaitu nada yang tinggi bagi pria, dengan mudah tanpa menggunakan mix dan falsetto.

Cowok berdarah batak ini merupakan anak ke-6 dari tujuh bersaudara yang lahir di Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara, 31 Agustus 1978. Bakat sebagai penyanyi memang sudah terlihat sejak Judika masih sekolah dasar.



Penyanyi berzodiak Virgo ini bahkan sempat membuat grup vokal dengan personel empat orang termasuk dirinya. Personel grup vokalnya, Roy (adik), Juneidi (sahabat), dan Jonathan (sahabat). Kendati masih usia sekolah, grup vokal Judika sempat dikontrak di sebuah hotel internasional bintang 5 di Brastagi, Sumut. Judika juga pernah  menjajal kemampuannya lewat Bahana Suara Pelajar dan menjadi juara pertama untuk tingkat Sumatra Utara dan puas di posisi ketiga untuk tingkat Nasional.

Karier Judika di dunia tarik suara makin berkembang setelah ikut Indonesian Idol. Dia menjadi juara dua dan sudah punya single serta album rekaman sendiri. Terlebih ketika dia digandeng musisi sekaligus Bos Republik Cinta, Ahmad Dhani. Judika diajak bergabung dalam grup Mahadewa. Mulai dari solo karier hingga bergabung dengan Mahadewa, Judika sudah memiliki lima album. Seri Cinta (2005), One (2007), Setengah Mati Merindu (2010), Cinta Itu Buta with MahaDewa (2011), dan Restoe Boemi II with MahaDewa (2012).

Ternyata selain bernyanyi, Judika juga menjajal dunia akting. Film pertamanya berjudul "Si Jago Merah" pada 2008, dan pada 2009 bermain di film "The Tarix Jabrix 2". Bersama istrinya, Duma Riris Silalahi ia juga bermain di film "Impal (pariban)". Ternyata kemampuannya berakting mendapat penghargaan dari  Indonesian Movie Awards 2009, kategori Pemeran Pendatang Baru Pria Terbaik lewat film "Si Jago Merah".

Sementara itu untuk kehidupan asmara, Judika berhasil mempersunting model sekaligus runner up Puteri Indonesia 2007 yang mewakili Sumatra Utara, Duma Riris Silalahi. Hubungan keduanya sempat terkendala restu dari orangtua Duma. Namun berkat usahanya Ia berhasil meluluhkan kedua orang tua Duma.
Nah Sobat Gitar Gaul demikian sedikit kisah hidup tentang Judika. Semoga menjadi tambahan pengetahuan untuk artis idola kamu ya.

Nah Sobat Gitar Gaul demikian sedikit kisah hidup tentang Judika. Semoga menjadi tambahan pengetahuan untuk artis idola kamu ya.