Chord Gitar

Menu

Sejarah Gitar

[edit lirik]
Sobat Gitar Gaul, kita sudah membahas banyak tentang gitar, tentang jenis dan berbagai teknik-tekniknya. Akan tetapi kebanyakan dari kita hanya tau memainkan, hanya tau teknik-tekniknya, namun kita tidak tahu tentang sejarahnya. Nah Sobat, kali ini kami akan membahas tentang sejarah gitar dan bagaimana perkembangannya. Artikel berikut ini akan menceritakan sejarah tentang gitar secara garis besar.

Sebenarnya tidak diketahui secara pasti siapa penemu gitar. Ada yang percaya sejarah gitar dimulai saat zaman Babilonia yang dibuat pada 1900-1800 SM. Sejak masa itu, gitar dipercaya mengalami perubahan yang begitu rumit dan memiliki nama yang berbeda-beda.

Kalangan lain menyebutkan bahwa alat musik berdawai tersebut berasal dari negara Spanyol. Pasalnya gitar memiliki kemiripan dengan alat musik asal Spanyol yang bernama Vihuela yang beredar pada awal abad ke-16.  Gitar pertama kali yang dibuat sebenarnya berukuran sangat kecil dan juga hanya memiliki empat dawai, seperti ukulele.

Gitar menjadi alat musik yang cukup dikenal dan diterima setelah dipublikasikan oleh musisi-musisi, seperti Fernando Sor, Mauro Guiliani, Matteo Carcassi, Fernando Caulli, dan masih banyak lagi.

Instrumen Cittern menjadi instrumen yang penting berkontribusi dalam perkembangan gitar. Instrumen ini menyerupai buah pir dengan bagian belakang yang rata, dengan empat atau lima pasang senar dari kawat dan dengan fretting yang permanen apakah itu diatonik seperti Appalachian Dulcimer ataupun chromatic seperti gitar modern.

Tuning head sudah dipasang mirip seperti pada gitar atau mandolin. Stemannya sama dengan mandolin (in fifths) dengan fingering dan chord yang sama dan dimainkan dengan plectrum atau pick. Four Course Guitar memiliki 4 pasang senar, body berbentuk gitar dan soundboard yang rata, bridge dari lute dan bagian belakang dibuat setengah melengkung tetapi tidak terlalu membentuk bulatan.

Instrumen ini berukuran seperti gitar anak-anak. Five Course Guitar muncul sekitar tahun 1490 dan mirip dengan four course guitar dengan tambahan satu pasang senar bass. Instrumen ini dinamakan juga English Guitar. Ada pula Vihuela De Mano berasal dari Spanyol dan merupakan instrumen dengan enam pasang senar. Bodynya cukup besar seperti gitar klasik jaman sekarang dan mempunyai beberapa lubang suara di atasnya. Instrumen ini menggunakan fixed bridge dan kemungkinan merupakan nenek moyang langsung dari gitar 12 senar USA yang masuk ke Amerika Utara melalui Mexico, Texas dan Louisiana.

Masih banyak jenis gitar lainnya yang terus berkembang. Gitar seperti yang kita kenal sekarang, yaitu bersenam enam, baru muncul sekitar tahun 1750. Dan selama sekitar 90 tahun berikutnya (hingga tahun 1840), gitar senar enam ini cukup pesat berkembang di Spanyol.

Berikut ini adalah tempat tempat bersejarah ditemukannya gitar dari zaman Medieval sampai abad ke-20, berdasarkan sejarah dan perkembangannya :

1265 Juan Gil dari Zamora menyatakan sejarah awal gitar dimulai dari “Ars Musica”.

1283 –1350 Guitarra Latina dan Guitar Moresca terdapat pada puisi “Archpriest of Hita”.

1306 Seorang pemain gitar bermain pada sebuah tempat religius (The Feast of Westminister) di negara Inggris.

1487 Johannes Tinctoris berpendapat bahwa instrumen gitar ditemukan oleh bangsa Catalans.

1546 Alonso Mudarra menciptakan komposisi “Tres Libros de Musica en Cifras Para Vihuela” yang melibatkan gitar didalamnya.

1551 – 1555 Sembilan buku tablatur gitar diterbitkan oleh Adrian Le Roy.

1600 – 1650 Berbagai jenis tablatur untuk gitar dipublikasikan. Popularitasnya mulai menyaingi Lute (sejenis instrumen gitar juga).

1674 Buku “Guitarre Royal” yang diterbitkan oleh F. Corbetta yang menaikkan popularitas dari gitar. Buku ini didedikasikan kepada Raja Louis XIV.

1770 – 1800 Senar ke 6 ditambahkan pada gitar dan semuanya menjadi Single String.

1800 – 1850 Gitar mengalami puncak kepopulerannya dalam hal penampilan dan publikasi. Fernando Sor, Mauro Guiliani, Matteo Carcassi dan Dioniso Aguado adalah para komposer terkenal yang menulis, mengajarkan dan menerbitkan komposisi mereka.

1850 – 1892 Seorang produsen gitar Manual Torres mengembangkan generasi yang kita ketahui sekarang ini.

1916 Segovia mengadakan konser di Ateneo, yang merupakan gedung konser yang paling terkenal di Madrid pada saat itu. Sebelumnya instrumen gitar yang telah dikenal belum bisa ditampilkan pada even sebesar ini.

Nah Sobat Gitar Gaul, semoga pengetahuan baru tentang sejarah gitar ini semakin menambah wawasan kamu ya.Ketahui sejarahnya, maka kecintaan kamu terhadap gitar juga akan semakin besar, tentu saja ini akan mempengaruhi minatmu dalam memainkan alat musik berdawai ini.