Chord Gitar

Menu

Latihan Senam Jari dalam Bermain Gitar

[edit lirik]
Jika sebelumnya kita telah membahas tentang teknik dasar yang wajib diketahui gitaris, kali ini kita akan mencoba bahas latihan senam jari dalam bermain gitar. Sobat Gitar Gaul, pernah melihat seorang Gitaris memainkan gitarnya dengan sangat mahir, dengan kecepatan jari–jarinya dalam memetik senar? Pastinya yang melihat akan iri dengan cara permainan gitarnya yang terlihat fasih  dan sangat mengusai. Tunggu dulu, mereka dulunya juga mengalami rangkaian latihan seperti yang Sobat lakukan sekarang.

Nah Sobat, jika ingin mempunyai keahlian bermain gitar dengan jari jemari yang cepat, berikut ini kami akan menyajikan tentang latihan senam jari dalam bermain gitar. Jika senam jari ini rutin dilakukan, kemampuan Anda dalam bermain gitar juga akan semakin meningkat.

Senam jari merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para gitaris untuk melatih kecepatan dalam bermain gitar. Dengan terbiasa melakukan senam ini, kelentikan dan ketepatan jari dalam memainkan senar gitar akan semakin terlatih. Pada akhirnya Anda akan semakin terampil bermain gitar. Biasanya senam ini dilakukan sebelum gitaris mulai memainkan gitarnya.

Cobalah menempatkan tangan Anda di atas meja atau permukaan yang datar. Angkat telapak tangan sehingga tangan Anda beristirahat di ujung jari mereka. Sekarang coba mengangkat dan menurunkan jari masing-masing pada satu waktu. Prakteklah dengan pola yang berbeda untuk melakukannya, dan mencoba untuk meningkatkan kecepatan pada waktu tertentu
Banyak pemain gitar meluangkan waktu minimal 1 jam dalam 1 hari untuk melakukan senam jari, dan bentuk dari senam jari itupun banyak sekali.
Beberapa teknik pada guitar yang dapat digunakan dalam senam jari adalah:

1. Picking
2. Hammer on
3. Pull off
4. Bending
5. Skipping
6. Legato (perpaduan antara Hammer on dan Pull off)
7. Tapping
8. Perpaduan dari beberapa teknik di atas.

Berikut ini adalah contoh  dari latihan untuk penguatan jari.

Gunakan alternate-picking, yaitu petikan ke bawah – atas  - bawah – atas, secara konstan, sesuai dengan ketukan dari metronom. Perlu diingat, mulailah latihan dengan pelan, sesuai kemampuan kita. Fokuskan diri untuk menghasilkan suara yang bersih. Setelah anda mampu melakukan dengan baik dan bersih, barulah secara bertahap tingkatkan kecepatan anda, disesuaikan dengan kemampuan, dan jangan melampaui batas. Ingat, selalu bermain dengan bersih.

Kalau sudah lancar, anda bisa memvariasikan latihan di atas dengan legato. Dalam memainkan legato, yang perlu diperhatikan adalah volume suara yang dihasilkan harus sama dan bersambung, karena legato artinya halus dan berkesinambungan. Sama seperti tadi, mainkan dengan bersih dan halus. Kalau sudah bisa dengan latihan (a), bisa dilanjutkan hingga latihan (f) dengan metode yg sama.

Nah Sobat Gita Gaul, jika sudah sekali berlatih, usahakan agar konsisten melakukan latihan ini. Karena semakin rajin berlatih, jari jemari Anda akan semaki lihai dalam bermain gitar. Kalau sudah begitu, impian menjadi gitaris mahir, pasti bisa tercapai.

Bagi anda pengguna smartphone Android bisa menginstal aplikasi Cara Bermain Gitar