Chord Gitar

Menu

Musisi Ray Martosono Raih Rekor MURI Mainkan 18 alat Musik

[edit lirik]
Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) diperoleh oleh Ray Martosono (24), seorang musisi jazz asal Kota Bandung. Ia berhasil memainkan 18 dari 30 alat musik secara bersamaan dalam satu alunan lagu.

Digelar di salah satu mal di Kota Bandung pada Kamis kemarin (5/12/2012) pemecahan rekor ini pun sontak mendapatkan antusias yang cukup luar biasa dari penonton.
Ray yang memainkan berbagai alat musik ini membuat aransemen lagu bernuansa jazz yang dipadukan beragam musik etnis. Aransemen yang dibawakan Ray diberi judul “One Shoot” ini berhasil memainkan 18 dari 30 alat musik yang ada. Komplet, mulai dari alat musik tiup, pukul, petik, gesek dan tekan.

Delapan belas alat musik itu terdiri dari piano, drum, bass, gitar, biola, saxophone, harmonika, terompet, melodion, jimbe, maracas, cajon, flute, suling, kalimba, happy drum, sitar, dan recorder.

“Saya pilih lagu ini berjudul 'One Shot' karena memang dibuatnya sekali jadi. Saya gabungkan seluruh aransemen musik itu dalam satu kali,” Ray menjelaskan kepada wartawan.

Ray mengungkapkan rekor ini tidak direncanakannya secara matang, melainkan dadakan. Persiapan yang ia lakukan pun hanya dalam kurun waktu tiga hari.

Ray berharap pemecahan rekor ini bisa memacu musisi-musisi lainnya agar bisa lebih memacu kemampuan bermusik agar rekornya bisa terus diperbaharui.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa memainkan 26 alat musik secara bersamaan. Saya juga pingin membuat konser musik dengan mengajak teman-teman musisi senior,” ucap pria berambut kriwil ini.

Di tempat yang sama, Deputi Manager MURI, Damian Awan Raharjo mengatakan jika Ray sudah sah memecahkan rekor Muri dalam hal memainkan alat musik terbanyak dalam satu lagu mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Dwi Santoso yang hanya memainkan enam alat musik.

“Dengan memainkan alat music terbanyak, Ray M resmi mendapat rekor muri dengan nomor 6285/R.Muri/XII/2013 dalam ketegori memainkan alat musik terbanyak dalam satu lagu,” ujarnya sambil membacakan piagam penghargaan untuk Ray. (editor: tia)

Sumber: okezone.com